20080120

Jepang Buka 1.500 Lowongan Pekerjaan Bagi Indonesia

Jepang Buka 1.500 Lowongan Pekerjaan Bagi Indonesia
Penulis: Hanum

JAKARTA--MEDIA: Parlemen Jepang telah menyetujui 1.500 lowongan pekerjaan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk tiga bidang kerja resmi, yakni perawat, perawat khusus (care givers), dan karyawan hotel.

Persetujuan tersebut mengacu pada kesepakatan Economic Partnership Agreement (EPA) RI-Jepang, yang ditandatangani kedua kepala negara pada 26 Juli 2007.

"Tahun ini, sudah mulai diimplementasikan pengirimannya antar pemerintah (G to G) Para pencari kerja dihimbau untuk berkoordinasi dengan Depnaker atau Disnaker setempat," kata konsultan Depnaker Jepang Richard Susilo.

Langkah tersebut, ujarnya, dapat meminimalisir kasus penipuan terhadap para calon TKI yang berminat bekerja di negara Sakura itu. Pasalnya, serentetan kasus penolakan tenaga kerja asal Indonesia kebanyakan disebabkan oleh penggunaan dokumen palsu.

"Jangan sampai dibohongi oleh penyalur tenaga kerja yang ada. Makanya, para calon TKI dihimbau untuk mendapatkan informasi resmi secara langsung dari Depnaker atau Disnaker setempat," ungkapnya.

Selain ketiga jenis pekerjaan itu, Kata Richard, Jepang juga membuka lebar kesempatan bekerja di bidang konstruksi, dan ahli kecantikan. "Semua pekerjaan keras seperti pembongkaran,pembangunan gedung, pekerjaan kasar penuh resiko lainnya terbuka lebar karena orang Jepang sudah enggan melakukan pekerjaan itu. Sehingga kini banyak dilakukan orang asing," paparnya.

Dikatakannya, calon pencari kerja juga harus mengecek kembali validitas informasi yang diterimanya. Misalnya, lowongan untuk berkerja di spa, restoran dan pekerjaan di bidang seni.

"Disarankan untuk sangat hati-hati dan memeriksa ke semua pihak. Baik ke Depnaker, Konjen Jepang, atau ke Kedutaan Jepang," ucap dia.

Richard mengingatkan, pekerjaan apapun yang dimasuki tetap mensyaratkan kemampuan bahasa Jepang sebagai modal utama."Kemampuan bahasa dan sertifikasi resmi tentang profesi akan menjadi nilai tambah bagi TKI," imbuhnya lagi. (Zhi/OL-2)
Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Bisnis Internet | Bisnis Online Halal


Bisnis Halal

No comments:

Keliling Dunia Lewat Bisnis dari Rumah