20071222

Jepang Buka Lowongan 1.000 Perawat Indonesia

Jepang Buka Lowongan 1.000 Perawat Indonesia

TOKYO - Pemerintah Jepang akan menerima 1.000 perawat dan petugas medis dari Indonesia mulai awal tahun depan. Kebijakan ini merupakan bagian dari kesepakatan perdagangan bebas untuk membantu mengisi kekurangan tenaga kerja di bidang tersebut.

Harian bisnis Jepang, Nikkei, Minggu (23/12/2007) melaporkan, mulai dari April tahun depan, Jepang akan menerima 200 perawat profesional dan 300 petugas medis bersertifikat.

Jika program ini mendapat respons baik, maka bisa diperjang selama tiga tahun. Langkah yang diambil Jepang ini merupakan pertama kalinya, karena belum pernah Negeri Sakura ini membuka lowongan bagi petugas medis untuk bekerja tetap di sana.

Perawat dibatasi menetap selama tiga tahun dan petugas medis selama empat tahun dengan jaminan sertifikat dan ijazah mereka. Namun, mereka bisa memperpanjang izin tinggal mereka jika mampu lulus ujian perawat di Jepang atau menerima sertifikat Jepang.

Para pekerja asal Indonesia ini nantinya akan ditempatkan sebagai asisten di rumah-rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain. Namun sebelumnya, mereka akan diberi pelatihan bahasa Jepang.

Departemen Kesehatan Jepang memperhitungkan, negara ini membutuhkan lebih dari 40.000 perawat. Kekurangan tenaga kerja di bidang medis ini diperkirakan akan mencapai 450.000 hingga 550.000 pada 2014.
Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Bisnis Internet | Bisnis Online Halal


Bisnis Halal

No comments:

Keliling Dunia Lewat Bisnis dari Rumah